Selasa, 23 April 2013

Cara Menangani Stress


Cara Mengatasi Stres Secara Alami - Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya stres. Berbagai aktivitas rutinitas yang membosankan, serta berbagai keadaan hidup yang tidak dikehendaki merupakan faktor utama yang menjadi dalang terjadinya stres.

Meski keberadaan stres adalah sebuah hal yang wajar, tetapi hal ini harus segera diatasi sedini mungkin, sebab bila stres berkepanjangan tidak tertutup kemungkinan akan membuat seseorang menjadi depresi bahkan dapat pula memicu berbagai penyakit, seperti halnya obesitas, bahkan penyakit maag.

Cara Mengatasi Stres 

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres. Cara mengatasi stres tersebut dapat berupa terapi dan bahkan bisa juga dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang disarankan oleh seorang dokter.

cara mengatasi stres

Pada tulisan kali ini blog Berita Terhangat ingin berbagi informasi tentang cara mengatasi stres secara alami, yaitu dengan melakukan berbagai metode-metode sederhana yang cukup ampuh untuk menghilangkan stres.

Tips mengatasi stres yang dipublikasikan disini dapat Anda praktekkan sebagai cara mengatasi stres kerja dan cara mengatasi stres pada ibu hamil. Apa saja langkah-langkah cara mengatasi setres secara alami tersebut? Secara lengkap bisa Anda simak berikut ini:

1. Tertawa
Bila Anda mengalami stres karena ada sesuatu hal yang tentunya kurang mengena dihati Anda, maka pastikan bahwa menangis bukanlah sebuah soluisi untuk mengatasi hal tersebut. Cobalah atasi stres Anda tersebut dengan cara tertawa. Seperti yang diungkap dalam sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Medical Sciences pada tahun 1989 mengungkapkan bahwa tertawa bisa menurunkan tekanan darah yang meningkat akibat hormon kortisol (hormon stres). 

2. Menghubungi orang terdekat
Menghubungi orang terdekat, seperti halnya orang tua adalah salah satu obat stres yang sangat mujarap. Dalam hal ini yang paling utama yang bisa Anda hubungi adalahi ibu Anda. Ketika Anda memiliki sebuah masalah yang sudah menyebabkan diri Anda stres, maka cobalah bicara dengan ibu Anda. Bila Anda berjauhan jarak dengannya maka segeralah telepon dirinya. Berbicara kepada orang terdekat, khususnya kepada ibu terbukti bisa menurunkan kadar hormon kortisol yang merupakan salah satu pemicu terjadinya stres.

3. Membaca
Cara mengatasi stres juga dapat dilakukan dengan cara membaca. Sebuah survei yang dilakukan oleh The Telegraph dan Galaxy Chocolate mengungkapkan bahwa dengan membaca selama 6 menit buku favorit Anda, maka hal tersebut terbukti membuat stres dapat menurun. Dengan membaca buku ternyata dapat menurunkan dan menormalkan detak jantung, serta membuat otot yang rileks yang berimbas menurunya gejala stres yang telah menyerang diri seseorang.

4. Ngemil Coklat
Ngemil coklat merupakan salah satu cara menurunkan stres yang paling banyak diminati. Dari berbagai penelitian yang telah dipublikasikan menyebutkan bahwa mengkonsumsi 1,4 ons cokelat murni dua minggu sekali bisa membantu menurunkan tingkat hormon kortisol.

5. Bergosip

Gosip mungkin punya pengaruh yang kurang baik dalam kehidupan bersosialisasi, tapi bisa memberi pengaruh yang baik dalam menghilangkan stres. Peneliti dari University of California, Berkeley, mengungkapkan, gosip terbukti bisa menurunkan stres.

Demikianlah berbagai langkah-langkah mengatasi stres yang bisa Anda lakukan. Semoga dengan menjalankan langkah-langkah diatas, maka gejala stres yang sedang Anda alami dapat teratasi sedini mungkin.

dikutip dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar