Senin, 23 April 2012

Manusia dan Cinta Kasih


Cinta kasih
Cinta adalah curahan rasa peduli dari hati yang dimiliki setiap manusia terhadap apa yang membuat diri mereka nyaman terhadap sesama manusia dan mahluk lainnya. Cinta itu timbul karena adanya ketertarikan antara satu sama lain. Sedangkan kasih adalah rasa sayang terhadap sesama. jadi cinta kasih adalah rasa kepedulian manusia terhadap sesamanya maupun mahluk lain sehingga menimbulkan rasa kasih sayang.
Unsur tentang Cinta
Cinta memiliki tiga unsur untuk memperkokoh cintanya.
1.      Keterikatan
Manusia yang saling berhubungan satu sama lainnya didalam menjalin hubungannya. Contohnya yaitu : satu pasangan yang menikah akan selalu menjalani hari-harinya, bersama-sama. Dari kesehariannya itu maka akan munculah rasa ketergantungan atau rasa saling membutuhkan satu sama lain dalam membina hubungan mereka untuk menjadi sebuah keluarga yang ideal.
2.      Hasrat
Keinginan manusia yang ingin dipenuhi oleh manusia tersebut, dalam segala sisi kebutuhannya, contohnya dalam sisi seksual.
3.      Komitmen
Dalam suatu hubungan, manusia membuat sebuah komitmen atau perjanjian antara satu sama lainnya demi membuat sebuah ikatan yang kokoh.
Tingkatan Cinta
Cinta menurut saya sendiri terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu :
1.      Cinta kepada Allah S.W.T
Cinta kepada Allah adalah cinta yang hakiki, karena Allah tidak akan mengkhianati cinta hamba-hambanya. Barang siapa yang selalu dekat kepada Allah, maka Allah akan selalu dekat dengan kita, tapi jikalau kita jauh terhadap Allah, maka Allah pun akan jauh terhadap kita. Maka dari itu, cintailah Allah dan Rasulnya.




2.      Cinta kepada kedua orang tua.
Cintailah kedua orang tua kita, karena merekalah yang membesarkan kita dari buaian hingga dewasa. Pengorbanan orang tua tehadap kita tak terbalaskan oleh apapun itu. Orang tua siap mengorbankan apapun demi anaknya seorang, tapi apakah kita sebagai anak mampu mengorbankan apapun demi orang tua kita ? cintailah orang tua kita, dan dapatkanlah ridho dan doanya dalam kehidupan kita, karena ridho Allah terdapat pada rido’a orang tua kita.
3.      Cinta kepada teman atau orang yang disayangi.
Cinta kepada teman atau orang yang disayangi yaitu, memberikan sesuatu hal yang baik untuk dirinya. Karena teman yang baik adalah teman yang memberikan kebaikan kepada temannya itu. Dan sebaik-baiknya orang adalah, yang bermanfaat untuk orang lain.
Kasih sayang
Kasih sayang adalah rasa peduli terhadap apa yang disayangi. Contohnya adalah satu pasangan yang saling mencintai dan menimbulkan rasa ketergantungan antara satu sama lainya. Hal tersebut lah yang dinamakan cinta.
Kemesraan
Kemesraan adalah bentuk dari rasa kasih sayang seseorang terhadap mahluk lain. Misalnya manusia, binatang peliharaan, dan sebagainya. Kemesraan juga memiliki bentuk curahan kepada manusia yang satu dengan yang lainnya, yang secara spontan dilakukan karena adanya dorongan didalam Hati setiap individu manusia tersebut. Biasanya bentuk kemesraan itu digambarkan dengan mencium maupun memeluk.
Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu wujud cinta dan terimakasih kepada Tuhan sang maha pencipta alam semesta. Salah satu wujud terimakasih manusia terhadap Tuhan ialah beribadah kepadanya. Beribadah adalah salah satu cara manusia berkomunikasi terhadap penciptanya.
Belas kasihan
Belas kasih merupakan wujud dari sikap empati dan simpati manusia, yang didasarkan pada rasa kepedulian dan kasih sayang terhadap manusia lain yang dikenal maupun tidak. Wujud empati dan simpati tersebut muncul dikarenakan rasa emosional manusia tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar