Sabtu, 11 Mei 2013

CARA MEMBUAT KUE LAPIS




Cara Membuat Kue Lapis Susu Khas Pontianak

Jenis kue lapis memang sangat banyak variannya ini sangat banyak digemari, dan mungkin dimasing-masing daerah ada kue lapis yang berbeda pula namun itu hanya anggapan saya saja hehehehe. Seperti di Pontianak Kalimantan Barat, disana terdapat kue lapis khas yang sangat digemari saah satunya adalah kue lapis susu yang rasanya manis dan enak. Kue Lapis Susu ini merupakan kekayaan kuliner khas daerah yang mungkin keberadaannya saat ini sudah tidak terlal banyak. Untuk itu dengan resep yang akan diberikan kekayaan kuliner yang lain juga akantetap bertahan dan tidak kalah dengan makanan instant yang saat ini merajai jajanan di Indonesia khususnya. Nah daripada bicara ngalor ngidul tidak jelas langsung saja kita simak Cara Membuat Kue Lapis Susu Khas Pontianak.

Bahan-bahan untuk membuat Kue Lapis Susu :
  • 400 gram mentega
  • 125 gram gula pasir bubuk/halus
  • 50 gram tepung terigu dengan kandungan protein rendah
  • ½ kaleng susu kental manis
  • 20 butir kuning telur
  • ½ sendok teh pasta moka 

Cara Membuat Kue Lapis Susu Khas Pontianak :
  1. Kocoklah mentega beserta gula pasir halus hingga menjadi lembut, lalu tambahkan kuning telur satu per satu sambil tetap dikocok hingga rata.
  2. Tuangkan susu kental manis diatas campuran tadi sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok merata, lalu tambahkanlah tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Bagilah adonan ke dalam 2 bagian sama rata, satu bagiannya ditambahkan dengan pasta moka aduk rata adonan, biarkan sisanya tetap berwarna putih.
  4. Pangganglah adonan selapis demi selapis bergantian putih dan moka hingga adonan habis dengan menggunakan oven api atas di dalam loyang berbentuk persegi berukuran 22 cm dan tinggi 7 cm.


Catatan : Tekan-tekanlah kue setiap kali melapisi kue dibagian atasnya agar kue lebih padat dan rapi.

Nah Kue Lapis Susu Khas Pontianak sudah bisa anda praktekan sekarang. Selamat mencoba dan berkreasi.

dikutip dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar